Alvin Yunata dan Senjata Utamanya di Setiap Tingkah Ugal-ugalannya

Alvin Yunata dan Senjata Utamanya di Setiap Tingkah Ugal-ugalannya

Sumber Foto : Diambil dari Instagram Teenage Death Star

Fender Stratocaster menjadi senjata utama Alvin. Ia mengakui Fender Stratocaster memiliki komposisi suara yang crunchy dan sesuai dengan apa yang ia inginkan

Pemilihan jenis piranti dalam bermusik memang sangat penting diperhatikan bagi para gitaris. Tak hanya sekedar menjadi instrumen biasa, bagi para gitaris, gitar adalah sebuah senjata utama yang menentukan kemenangan dalam setiap karya-karya yang diisinya. Bisa dikatakan seluruh gitaris yang ada sangat memperhitungkan gitar apa yang cocok untuk menjadi senjata utamanya. Aspek yang paling diperhitungkan dalam pemilihan gitar adalah dari segi sound. Di mana komposisi suara yang dihasilkan harus memenuhi apa yang diinginkan sang gitaris, atau bahkan hal itu menjadi identitas gitaris itu sendiri. Dan DCDC selalu mengulik gear apa saja yang dipakai para musisi dalam rubric Ultimate Gear, yang kali ini DCDC akan membahas gitar dari seorang gitaris dengan sound yang urakan namun berkarakter, yaitu Alvin Teenage Death Star.

Ditemui disela-sela event DCDC: BDG IYES IN ABSURDUM, Alvin menjelaskan gear apa saja yang selalu ia gunakan dalam setiap penampilannya. Diawali dari gitar, Fender Stratocaster menjadi senjata utama Alvin. Ia mengakui Fender Stratocaster memiliki komposisi suara yang crunchy dan sesuai dengan apa yang ia inginkan. Dibandingkan dengan gitar lainnya – dalam hal ini Gibson – ia menjelaskan jika sound yang dihasilkan oleh Gibson terlalu bulat.

“Kalo Gibson terlalu metal suaranya, terlalu bullet lah suaranya, nahh kalo Startocaster itu crunch nya dapet, pas lah pokoknya, intinya Fender itu enak banget lah dan yang paling cocok sama gua tuh Stratocaster,” jelas Alvin.

Alvin juga mengakui kalau gitar Fender Stratocaster ini cocok untuk semua jenis genre musik, dan memang isian dari Alvin ini menjadi sebuah identitas tersendiri bagi setiap karya-karya dari Teenage Death Star.

Membahas tentang FX, Alvin mengakui bahwa FX Metal Zone dan juga penggunaan Overdrive menjadi bumbu pelengkap yang sangar. Settingan yang digunakan dalam setiap penampilannya adalah setelan Equalizer level full, dan suara feedback yang ia akui harus selalu ada karena dari situlah karakter Teenage Death Star muncul. Dua piranti inilah menjadi andalan Alvin dan menambah nuansa ‘urakan’ dari Teenage Death Star.

                         

Gua sekarang cuma pake dua (FX), Metal Zone sama Overdrive, setelannya pokoknya di-full-in semua. Pokoknya intinya feedback itu harus selalu ada, jangan sampai ilang, itu soalnya kunci utamanya.” Ucap Alvin.

Memang tak bisa dipungkiri bahwa isian dari Alvin mampu menjadi karakter yang khas bagi gaya bermusik yang Teenage Death Star bawa. Di sisi lain, gaya Alvin ketika di atas panggung pun turut menambah kesan ‘ugal-ugalan’, di mana ia sering memberikan gitarnya ke penonton. Hal itulah yang menjadikan Teenage Death Star selalu ‘antik’ dalam setiap penampilannya.

                   

*salah satu aksi ugal-ugalan Alvin yang melemparkan gitarnya ke penonton

BACA JUGA - The Pancake Guitar: Si Gitar Listrik Pertama Di Dunia

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner