David Roback dan Dimensi Surealistik Jou Barakati dalam

David Roback dan Dimensi Surealistik Jou Barakati dalam "Salon Muslihat"

Foto dan artwork didapatkan dari siaran pers.

“Salon Muslihat” merupakan rangkaian bunyi yang berharap kata-kata adalah bagian dari dunianya. Sedangkan “harapan” dalam dunia “Salon Muslihat”, diterjemahkan sebagai kekosongan yang harus segera diisi atau dilupakan sama sekali. Dengan premis di atas, “Salon Muslihat” secara formulatif menyediakan lirik interaktif sebagai lahan bermain para pendengar. Dengan petunjuk: intuisi sebagai pagar arenanya. Ritmik dan membius.

Tersiar kabar seorang jenius di balik Mazzy Star, Opal, proyek kolaborasi Rainy Day dan Rain Parade berpulang di usia 61 tahun. David Roback adalah seorang produser dan multi-instrumentalis misterius, tokoh kunci kebangkitan ulang skena Paisley Underground Neo Psikedelia di Los Angeles, tahun 1980-an. Membentuk Rain Parade dan merampungkan satu album, Roback undur diri. Menghabiskan waktu menghisap ganja di Berkeley dan New York, ia lalu membuat proyek musik Opal bersama bassist Dream Syndicate – Kendra Smith. Ini merupakan cikal bakal Mazzy Star, setelah Kendra Smith tiba-tiba mundur di tengah jalan kala sedang menjalani tur Eropa sebagai band pembuka The Jesus & Mary Chain. Dalam awan mendung yang menggelayuti, Hope Sandoval didapuk menggantikannya.

Kalian mungkin sudah mendengar album pertama mereka yang tidak begitu sukses, She Hangs Brightly (1990). Namun, tiga tahun setelahnya, menjadi album yang membuat nama mereka dikenal, So Tonight That I Might See (1993) – yang berisikan hit terbaik mereka, “Fade into You”. Roback bertugas sebagai komposer dan menulis lirik dilakukan oleh Sandoval. Termasuk album ke empat mereka setelah 17 tahun, Seasons of Your Day dan album mini terakhir, Still EP.

Masih ada kaitannya dengan neo-psikadelika pada obituari di atas, hadir dari kancah musik arus samping Indonesia, sebuah kugiran bernama Jou Barakati.

Jou Barakati adalah sekumpulan gitar rancak yang memainkan alunan nada-nada psikedelik rock-folk yang baru saja merilis single berjudul “Salon Muslihat”. Kali ini mengajak serta vokalis kharismatik Mere Nauval dari grup Olly Oxen untuk menyumbang suara di lantunan penuh muslihat, single ketiga milik kugiran asal Semarang tersebut.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner