DCDC For You dan Semangat Berbagi Bersama Musisi

DCDC For You dan Semangat Berbagi Bersama Musisi

Seiring dengan makin meningkatnya jumlah korban infeksi Covid-19 di Indonesia, terutama di kota-kota besar dengan populasi penduduknya yang padat, maka dengan segera pemerintah mengeluarkan beberapa aturan baru terkait dengan protokol dan prosedur keselamatan yang harus dijalankan oleh masyarakat. Bagi industri hiburan musik, dunia terasa runtuh ketika secara resmi pemerintah mengumumkan aturan terkait pembatasan sosial. Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) serentak berlaku di beberapa kota di Indonesia yang mempunyai kecenderungan peningkatan infeksi Covid-19.

Salah satu implementasi peraturan ini adalah setiap aktivitas berkelompok akan dibatasi. Perpindahan manusia dan segala macam bentuk pengumpulan kerumunan manusia menjadi bentuk dari kejahatan sosial. Bagi kawan-kawan musisi yang mengandalkan hidupnya dari dunia hingar bingar dan panggung hiburan, aturan ini ibarat menerima surat PHK tanpa pesangon. Semua izin keramaian terkait penyelengaraan acara konser musik yang melibatkan perjumpaan massa dalam jumlah banyak dibatalkan selama pandemi Covid-19 ini berlangsung.

Salah satu solusi yang ditawarkan oleh DCDC adalah melalui DCDC For You. Program ini dirancang khusus agar orang tidak merasa bosan ketika terpaksa harus diam di rumah. DCDC ingin berbagi keceriaan sekaligus membangun kesadaran agar kita bisa mengurangi penyebaran virus tersebut. Dengan membawa pesan ‘Djauh Dekat Senasib’, DCDC berharap kita bisa  bersama-sama menghadapi krisis yang terjadi saat ini. DCDC For You  hadir di rumah melalui perantara teknologi digital melalui sebuah perjumpaan virtual yang tidak akan mengurangi rasa intim seperti layaknya acara DCDC yang biasa dinikmati secara langsung.

DCDC For You, Djauh Dekat Senasib, hadir dengan membuat perjumpaan virtual bersama para talent: Iksan Skuter, Sarah Saputri, Ipang Lazuardi, Ink Mary, Sir Iyai, Budi Cilok dan Attir Speaker First. Dipandu oleh Budi Dalton, DCDC For You menjadi pengobat rindu dan menghadirkan keceriaan. Semua tetap bisa bernyayi bersama, ngobrol, bercanda dan berbahagia secara langsung melalui aplikasi Zoom dan YouTube. Salah satu movement yang dibangun dalam program DCDC For You adalah penggalangan donasi melalui aplikasi YouTube. Setiap komentar netizen yang masuk melalui tayangan DCDC For You melalui YouTube akan dikonversi menjadi nominal rupiah. Hasilnya, setelah selesai penayangan seluruh episode DCDC For You akan diberikan kepada teman-teman musisi yang terdampak krisis Covid-19.

Di akhir acara, akhirnya berhasil terkumpul sejumlah uang dari setiap komentar netizen di tayangan DCDC For You yang berasal dari YouTube. Uang tersebut kemudian dibelanjakan ke dalam paket sembako. Bekerjasama dengan beberapa simpul solidaritas yang dibangun oleh kawan-kawan musisi di kota Bandung, mereka melakukan pendataan terhadap musisi dan tim produksi band yang terdampak krisis. Selanjutnya, paket sembako tersebut disimpan di beberapa titik simpul solidaritas untuk kemudian musisi atau tim produksi band yang telah terdata bisa langsung mengambil.

Kita semua tidak tahu hingga kapan krisis ini akan terus berlangsung, namun yang pasti di tengah segala keterbatasan ini tidak lantas mengurangi kepedulian kita pada sesama terutama pada musisi dan tim produksi band yang selama ini menjadi bagian dari perjalanan DCDC. Semoga saja, gerakan ini akan bergulir menuju kota-kota lainnya di seputar Jawa Barat dan bisa sedikit meringankan beban kawan-kawan musisi dan tim produksi band dalam menghadapi krisis pandemi ini. Karena DCDC For You, Djauh Dekat Senasib.

BACA JUGA - DCDC For You - Djauh Dekat Senasib; Obat Rindu, Penawar Bosan Biar Tetap Semangat dan Bahagia

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner