DCDC Music Chart - #2nd Week of Januari 2019

DCDC Music Chart - #2nd Week of Januari 2019

Minggu ke dua bulan Januari ini, music director dari DCDC Radio, Angga Kusuma (Asiaminor, Taring) kembali memilih dan mengulas lima band DCDC ShoutOut! untuk masuk di jajaran DCDC Music Chart. Siapa saja yang ada di daftar minggu ini? Mari disimak karya-karyanya!

Settle - " Ain'tGiving Up"

Terbentuk pada tahun 2016 lalu di Depasar, Bali, Settle pada awalnya diisi oleh Yudi Septyan, basis dan penulis lagu dari dari band Modern Guns dan Ice Cream Attack, yang kemudian menemukan tandemnya, seorang drumer dari band King of Panda, Gungde Yudistira, vokalis dari band Good Morning Sunrise, Indra Purnama, serta gitaris dari band Hirotaro, Eka Cipta. Keempatnya kemudian sepakat untuk sama-sama berjalan di bawah bendera bernama Settle. Kemudian pada prosesnya, band ini menghasilkan beberapa buah lagu, seperti lagu berjudul “Giving Up”, yang juga didaulat menjadi sebuah single oleh Settle.

 

Topi Jerami - "Land On Both Feet"

Topi Jerami dibentuk pada tahun 2003 dan memulai debutnya sejak 2006, dari sebuah band SMA yang digarap dengan hura-hura hingga menjadi sebuah band yang serius dengan visi dan karyanya. Topi Jerami memulai debut rilisnya pada tahun 2008 dengan sebuah mini album berjudul Pertunjukan Hari Esok rilisan Rejuvenate Records, hingga kemudian menyusul full album mereka berjudul Nothing More Nothing Less! tahun 2012, dan dirilis mandiri oleh band dengan label More & Less Records. Pada tahun 2015 mereka memutuskan untuk merilis EP Acoustic berjudul Bedroom Journey, berisi 5 lagu akustik dengan 1 lagu istrumental. Terbaru, satu tahun belakangan ini mereka memulai sebuah project GISIRO (Get In, Step In, Rock Out). Sebuah triplet mini album, di mana lewat projek ini mereka menyajikan sebuah anthology perjalanan karier Topi Jerami dalam usianya yang hampir menginjak 16 tahun.

 

The Highway - "Makna"

The Highway terbentuk pada akhir 2015, yang merupakan transformasi dari band Broken Romantic Punk. Digawangi oleh Haddid (gitar & vokal), Ryan (bas), Indra (gitar) serta Dani (drum) ini muncul ke permukaan lewat single berjudul “Makna”, di mana secara isiannya lagu ini mengisahkan cara keluar dari rasa trauma, yang disebabkan oleh orang lain bernama Bullying. Hal itu tanpa sadar banyak dianggap sepele oleh banyak orang, namun kemudian menarik minat The Highway untuk menggambarkannya dalam bentuk lagu, yang juga dikuatkan dalam format visual berupa video klip.

 

Saturday Night Karaoke - "Never Learn"

Datang dengan sebuah lagu berirama cepat lewat sentuhan punk (pop, melodic, skate punk, skate rock, you named it), Saturday Night Karaoke dan lagu-lagunya seperti memecah kebuntuan dari sekian banyak band pop punk yang ada. Musiknya terasa langsung menghajar di titik sasaran yang tepat, tanpa harus terlihat ingin seperti ‘rock star’. Sejatinya mereka hanya sekumpulan anak muda yang terbiasa dengan kenakalan masa remaja, dan ingin mengekspresikannya dengan musik yang enerjik. Menemukan kembali semangat remaja lewat musik punk yang mereka bawakan. Cenderung nihilis, namun itu lebih baik terlihat pretensius dan menjadi dangkal pada saat yang bersamaan.

 

Sapi Punkgank Rica-rica - "Problematika Cinta"

Terinspirasi dari band-band alternative rock maupun pop-punk kelas dunia seperti blink-182, Angels and Airwaves, Fall Out Boy, Panic At The Disco, New Found Glory, dan lain-lain, sebuah band dari Cimahi terbentuk pada tahun 2005. Mereka menamai band mereka dengan sebutan Sapi Punkgank Rica-Rica, atau dikenal dengan akronim SPRC. Band ini diisi oleh kuartet lelaki bernama Ori (gitar & vokal), Roby (gitar), Chester (bass), dan Gentong (drum). Mereka merilis album perdana mereka bertajuk Sound of Heart to Love pada tahun 2012, di mana lagu “Problematika Cinta” dipilih menjadi single untuk album ini.

 

DCDC Radio mengudara setiap hari dan DCDC Music Chart akan diperbarui setiap minggu. Pantau terus DCDC Radio dan DCDC Music Chart dan dengarkan karya dari band-band independen berkualitas di tanah air. Daftarkan juga band kalian di DCDC ShoutOut! dan dapatkan kesempatan di berbagai program milik DCDC!

BACA JUGA - DCDC Music Chart - #1st Week of Januari 2020


DCDC RADIO MUSIC DIRECTOR

ANGGA KUSUMA (minorstrings@gmail.com)

Angga Kusuma atau yang lebih akrab dipanggil Angga adalah seorang musisi independen yang berasal dari kota Bandung. Ia aktif sebagai gitaris di berbagai proyek musik, seperti di Asiaminor, Taring dan Janevalla.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner