DCDC ShoutOut! Day - Kualitas Band Bandung Memang Sudah Tidak Perlu Dipertanyakan

DCDC ShoutOut! Day - Kualitas Band Bandung Memang Sudah Tidak Perlu Dipertanyakan

Tanggal 16 Desember 2018, DCDC ShoutOut! Day hadir di kota Bandung. Sembilan band yang menjadi bagian DCDC ShoutOut! unjuk kebolehan di sini. Tidak bisa dipungkiri, kualitas band Bandung memang patut diacungi jempol!

Absen cukup lama pasca gelaran yang pertama, akhirnya DCDC ShoutOut! Day kembali terlaksana di kota Bandung pada 16 Desember 2018. Untuk gelaran yang kedua, DCDC ShoutOut! Day Bandung diselenggarakan di Spasial, Jalan Gudang Selatan Nomor 22, sebuah gudang di tengah instalasi militer yang disulap menjadi ruang publik dan banyak dipilih untuk jadi rumah berbagai acara. Lokasi indoor dengan kapasitas 300 orang dengan konsep ruang industrial ditambah ketersediaan lahan parkir yang memadai membuat Spasial dianggap strategis untuk penyelenggaraan sebuah acara.

DCDC ShoutOut! Day Bandung dimulai sejak pagi hari, diisi dengan simulasi sound check yang dipandu oleh seorang sound engineer ternama sekaligus gitaris dari grup musik Forgotten, yaitu Toteng. Sekitar pukul 10.30 WIB, Toteng memulai simulasi, ditemani oleh teman-teman Down To Earth. Di sesi ini, Toteng memaparkan tentang berbagai tahapan sound check dan bagaimana memanfaatkan waktu sound check se-efektif mungkin. Ia memaparkan tentang hal yang seringkali dilupakan oleh para musisi, yaitu penempatan mikrofon yang tepat, juga tentang pemilihan jalur untuk gitar dan bas guna menunjang performa sang musisi di atas panggung.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DCDC SHOUTOUT (@dcdcshoutout) on

Pada sesi ini, teman-teman dari band Rosewood dan Captivate juga turut aktif memberikan beberapa pertanyaan pada Toteng. Pertanyaannya beragam, mulai dari cara memaksimalisasi tuning drum hingga step-by-step pelaksanaan sound check, seperti instrumen apa yang perlu didahulukan. Untuk maksimalisasi tuning drum, Toteng menyoroti bagian preparation. Setiap drummer dituntut untuk memerhatikan kondisi dari instrumen yang ia mainkan. Misalnya saja, perhatikan apakah skin snare masih layak pakai, dan kegiatan ini idealnya dilaksanakan beberapa hari sebelum pelaksanaan acara. Sementara untuk step-by-step sound check, Toteng menyarankan untuk mendahulukan drum, dilanjutkan dengan gitar, bas, kibor lalu vokal. Jika ada instrumen lain, maka bisa dicek setelah vokal selesai.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner