Guiharpulele : Gitar Unik Buah Karya I Wayan Tuges

Guiharpulele : Gitar Unik Buah Karya I Wayan Tuges

Sumber Foto : Diambil akun instagram @wayantuges

Salah satu tangan kreatif yang mampu mengembangkan gitar adalah seorang pengrajin alat musik asal Bali bernama I Wayan Tuges dengan karya ciptaanyan bernama Guiharpulele

Jenis-jenis alat musik di dunia tentunya sangatlah beragam, entah itu dari bentuk, suara dan cara memainkannya. Alat musik ini sendiri sudah ditemukan sejak berabab-abad yang lalu dengan bentuk sederhana. Membuka pembahasan seputar alat musik petik, gitar adalah salah satu alat musik yang sudah diciptakan sejak abad ke-16 di Spanyol. Gitar awalnya hanya memiliki empat rangkaian senar yang bernada dasar C-F-A-D. Memasuki akhir abad ke-18, dua senar lagi ditambahkan sehingga nada dasarnya berubah menjadi E-A-D-G-B-E.

Seiring perkembangan zaman, perubahan bentuk gitar menjadi lebih beragam dengan inovasi-inovasi yang membuat gitar menjadi lebih unik. Salah satu tangan kreatif yang mampu mengembangkan gitar adalah seorang pengrajin alat musik asal Bali bernama I Wayan Tuges, dengan karya ciptaannya bernama Guiharpulele. Guiharpulele ini sebenarnya adalah perpanduan antara beberapa alat musik, diantaranya gitar, harpa, ukulele, kalimba dan washboard (perkusi). Berawal dari sebuah pesanan dari sebuah band indie asal Toronto, Kanada bernama Walk off The Earth, lebih tepatnya pada tahun 2017, ketika mereka meminta kepada Blueberry Gitar (Kantor I Wayan Tuges) untuk dibuatkan alat musik dengan lima instrument sekaligus.

Setelah menerima tawaran itu, akhirnya Tuges mulai mengerjakan dari segi desain tentang bagaimana penempatan yang pas untuk setiap instrument. Setelah dirasa cocok, kemudian ia konsultasikan kepada pihak Walk off The Earth dan mendapat respon positif, sehingga Tuges langsung mengaplikasikan desainnya pada meja produksi. Saat proses produksi, Tuges lebih selektif dalam pemilihan jenis kayu yang akan digunakan. Selain itu, ia juga menambahkan kerang mutiara sebagai bahan pendukung atau dekorasi dan cetakan bodi. “Mereka minta depannya itu kayunya putih. Makanya saya gunakan kayu maple pada bagian depan yang dipadukan dengan kayu mahoni untuk bagian samping dan belakang," jelas Tuges.

Dari segi suara, Tuges menguji kualitas setiap instrumennya dengan memberikan garis pada bagian dalam. Namun karena teknik tersebut ia akui rahasia, Tuges pun enggan memberikan keterangan lebih lanjut tentang teknik tersebut. Setelah bagian bodi rampung dibuat, sang pemesan menginginkan beberapa motif ukiran yang konon mereka akui memiliki makna tersendiri bagi mereka. "Motif pada alat musik ini ya sesuai pesanan Walk off The Earth, jadi kami mengerjakan sesuai keinginan mereka," pungkas Tuges.

Ketika semua bagian sudah terbentuk sesuai desain dan secara suara pun dirasa sudah pas, kemudian Tuges mulai mengirim karyanya itu kepada sang pemesan. Tak tanggung-tanggung, Tuges memberanikan diri membandrol harga yang cukup fantastis, yaitu 10.000 dolar AS. “Kadang kita harus berani memberikan harga tinggi, karena memang produk yang kita buat itu bagus dan berkualitas," ungkapnya.

Sayangnya, belum banyak musisi dalam negeri yang mengakui bahwa produk alat musik buatan lokal memiliki kualitas yang tidak kalah dengan produk impor. "Ini soal mindset, masih banyak musisi lokal yang bangga dengan alat musik impor, jadi apa-apa beli dari luar negeri. Padahal produk dari dalam negeri justru dilirik bule," tambah Tuges. Bukan tidak ada respon dari orang-orang Indonesia yang tidak tertarik akan Guiharpulele, Tuges menyebutkan ada beberapa orang Indonesia yang mengapresiasi alat musik ciptaanya tersebut, diantaranya mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Iwan Fals, hingga Eross Djarot.

Bagi pria yang sudah menciptakan gitar lebh dari 2000 buah sejak 2007 ini, Tuges menegaskan bahwa ia akan terus menciptakan karya dengan bentuk yang unik dan indah. Lalu untuk Walk Off The Earth, grup musik ini diketahui sudah memainkan Guiharpulele dengan menyanyikan tembang milik Maroon 5 yang bertajuk “Girls Like You” dan sudah dapat dinikmati di kanal Youtube pribadi Walk off Earth.

Sumber :

www.antaranews.com/amp/berita/728085/guiharpulele-alat-musik-karya-anak-bangsa-yang-diminati-dunia

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.phyruhize.com/2012/07/sejarah-alat-musik.html%3Fm%3D1&ved=2ahUKEwjgnMmH3ZL0AhX94zgGHbySCFUQFnoECBUQAQ&usg=AOvVaw0genlEq2kuBYuLZCyi4tkd

https://www.google.com/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://kabare.id/berita/guiharpulele-alat-musik-dengan-lima-instrumen-buatan-indonesia&ved=2ahUKEwjkhMiU3ZL0AhWZwTgGHfCXB6EQFnoECA4QAQ&usg=AOvVaw2eCwkMbccmTwHpDunykckr

BACA JUGA - 'Ngulik' Gear Fleur yang Jadi Kunci Dalam Setiap Penampilannya

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner