Lima Genre Musik Unik yang Wajib Kamu Tahu!

Lima Genre Musik Unik yang Wajib Kamu Tahu!

Genre musik tidak melulu seputar pop, rock, dangdut, hardcore, hip-hop dan genre musik mainstream lainnya. Terdapat segudang genre musik lainnya yang patut untuk dibahas dan wajib kalian tahu

Belantara musik tentunya sangat luas dan beragam. Jika kita menyelami lebih jauh maka akan muncul 1001 keunikan tentang musik, entah itu dari segi komposisi, penampilan dan hal-hal unik lainnya. Menurut Adjie Esa Poetra selaku guru vokal ternama mengatakan bahwa  musik adalah kesenian yang bersumber dari bunyi. Ada empat unsur dalam musik yaitu dinamik (kuat lemahnya bunyi), nada (bunyi yang teratur), unsur waktu (panjang pendek suatu bunyi yang ditentukan dari hitungan atau ketukan nada), dan timbre (warna suara). Dari penjelasannya tersebut bisa disimpulkan bahwa dalam sebuah musik terdapat berbagai hal kompleks yang dapat menunjang kualitas musik itu sendiri. Seturut dengan semua keunikan yang ada dalam musik, DCDC akan mengulas lima genre musik unik di berbagai penjuru dunia. Genre musik apa saja? simak daftarnya berikut ini. 

1. Danger Music

Karya musik tidaklah sepenuhnya aman untuk dinikmati, seperti pada genre musik eksperimental satu ini yang dilihat dari namanya saja sudah mendeskripsikan gaya musik ini. Danger Music seolah ingin menempatkan para pendengarnya selalu dalam suasana bahaya ketika mendengarkan musiknya, apalagi kalau disaksikan secara langsung di atas panggung yang sudah pasti barang-barang akan berterbangan. Bila melihat konsep perform di atas panggung, sejujurnya tidak begitu jelas apakah Danger Music merupakan sebuah karya musik atau teater, karena memang penampilannya yang cenderung lebih ke menghancurkan barang. Jika penasaran dengan Danger Music ini, tonton penampilan dari seorang musisi Danger Music yang dikenal akibat aksi panggungnya yang sangat keras bernama Hanatarash. Penampilan musisi asal Jepang ini memang diluar nalar, bahkan yang paling extreme dirinya pernah menggunakan buldozer dalam penampilannya. Ngeri!

2. Lowercase

Genre musik yang satu ini juga tak kalah unik dari sebelumnya. Entah bisa dikategorikan sebagai musik atau tidak, karena Lowercase hanya berisikan bebunyian yang berasal dari ambient dan suara-suara seperti hembusan angin dan lain sebagainya. Genre musik ini sendiri dipopulerkan oleh seniman suara asal Amerika Serikat, Steve Roden. Tujuan genre musik ini dibuat adalah untuk mengekspos suara-suara kecil yang biasanya jarang terdengar dengan kapasitas suara lebih kencang.

3. NintendoCore

Ternyata Nintendo bukan hanya untuk dimainkan sebagai hiburan anak-anak, kini sudah banyak musisi yang menjadikan Nintendo sebagai genre musik, salah satunya adalah genre musik NintendoCore. Mungkin dari namanya saja kita jadi bertanya-tanya tentang musik seperti apa yang dimainkan oleh genre ini. Balutan musik kencang dan menghentak tapi dimainkan dengan seperangkat tekhnologi permainan anak-anak tersaji pada musik NintendoCore. Pelaku-pelaku musik yang mengusung genre ini pun tak sedikit, diantaranya Horse The Band, Sky Eats Airplane dan Powerglove.

4. Avant-Garde

Genre ini sebenarnya tercipta dari istilah pada sebuah karya seni yang maknanya bisa melampaui batas dari bentuk seni yang sudah ditetapkan. Karya seni ini akhirnya dibentuk menjadi sebuah genre dengan jenis musik komposer pada abad ke-20. Menyimak penjelasannya saja sudah bertanya-tanya tentang bagaimana sebuah karya seni yang melampaui batas itu. Kemudian penjelasan itu dapat terbukti ketika seorang musisi terkenal dari genre ini, John Cage menciptakan sebuah karya bernama "4'33". Pada penampilannya, John Cage hanya duduk di depan sebuah piano tanpa memainkannya selama 4 menit 33 detik, dengan suasana hening tanpa suara dan sesekali membolak-balikan buku partitur. John pun membuat kutipan dengan mengatakan bahwa "Semua yang kita lakukan adalah musik". Wow sangat melampaui batas!

5. Drone Music

Genre ini bukanlah musik yang dihasilkan dari sebuah drone yang biasa digunakan untuk memantau dari udara, tetapi Drone Music adalah genre dengan komposisi musik yang menenangkan. Genre ini lebih menonjolkan suara berkelanjutan dengan audio yang cenderung berdurasi panjang, namun variasi harmonik yang minim membuat musik ini terdengar seperti dengungan. Ciri khas dari aliran musik ini adalah tidak ada lirik sama sekali plus tempo yang sangat lambat. Ketika mendengarkan musik ini seolah-olah akan terbawa pada suasana atau dimensi lain yang tidak pernah diketahui sebelumnya.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner