Rilisan Fisik dan Sejuta Kenikmatan Menikmati Musik di Dalamnya

Rilisan Fisik dan Sejuta Kenikmatan Menikmati Musik di Dalamnya

Sumber foto : freepik.com

Di tengah gempuran teknologi canggih yang memberikan segala kemudahan dalam hal mendengarkan musik, format rilisan fisik dalam bentuk Kaset Pita, CD dan Piringan Hitam/Vinyl hadir membawa tawaran dengan nilai berlebih untuk menikmati musik dengan cara lain

Musik telah banyak memberikan andil dalam kehidupan sehari-hari, mendengarkan musik seakan mengisi latar di tengah aktivitas selagi sabar menempuh perjalanan, menemani di kala bosan atau jenuh, dalam situasi suka maupun duka, ataupun secara sengaja meluangkan waktu khusus untuk menikmati musik. Mendengarkan musik banyak dipilih orang sebagai kendali 'mood' yang kiranya dapat menambah energi positif dan suasana yang lebih baik. Di era secanggih sekarang sangatlah mudah dan begitu praktis untuk mendengarkan musik. Dimanapun dan kapanpun dengan adanya perangkat mobile seperti gawai pintar serta dukungan tersedianya layanan pemutar musik online, sangatlah membantu kemudahan untuk menikmati musik di tengah situasi apapun. Tinggal scroll, pilih dan otomatis diputar.

Dengan segala kemudahan di era yang banyak dibantu oleh kemajuan teknologi canggih ini, semestinya tidaklah merujuk pada sesuatu yang dapat dinilai sempurna. Seperti dalam hal nilai-nilai pengalaman berlebih yang belum tentu bisa didapatkan dari hasil kemajuan teknologi tersebut, termasuk dari sisi pengalaman dalam hal mendengarkan musik. Para penikmat musik sendiri tentunya selalu ingin mendengarkan musik dengan kualitas suara yang baik, selain itu pengalaman berlebih untuk menikmati karya musik juga menjadi nilai tambah tersendiri, menikmati musik dari rilisan fisik seperti dalam format Kaset Pita, CD dan Piringan Hitam yang diputar melalui perangkat audio khusus adalah suatu ‘nilai lebih’ yang dirasa berbeda dari hanya sekedar mendengarkan musik dalam format digital saja.

Meski terkadang katanya dinilai ‘ribetlah’ dan memerlukan effort lebih, justru nyatanya di sana letak pengalaman berbeda untuk menikmati musik yang tak tertera di musik yang hanya didengar secara instan melalui format digital. Selain itu, menikmati musik dari perangkat audio khusus yang lengkap dan ‘proper’, pastinya akan meningkatkan nilai pengalaman lebih dengan kualitas suara yang dirasa jauh lebih baik. Satu hal yang juga sangatlah penting, dengan memiliki rilisan fisik serta menikmatinya, tentu merupakan nilai utama dan jelas kentara berbeda dengan musik yang tersedia di layanan pemutar musik online, yang hanya tersimpan di ‘udara’ saja. Oleh karenanya bisa dikatakan, rilisan fisik dapat dimiliki secara pasti beserta wujud dalam bentuk Kaset Pita, CD, ataupun Piringan Hitam, sementara musik yang tersimpan secara online itu hanya dapat dinikmati saja, tanpa bisa dimiliki.

Untuk memiliki seperangkat piranti audio yang ‘proper’ dengan kualitas baik nyatanya lumayan menjadi persoalan bagi sebagian kalangan, faktor yang menjadi pertimbangan seperti harga yang lumayan dirasa tidak murah sepertinya cukup krusial bagi beberapa kalangan penikmat musik. Dan yang perlu diingat, bukankah effort berlebih itu semestinya akan sebanding dengan apa yang didapat? Semua itu kembali pada pilihan masing-masing, tergantung sejauh mana kepuasan yang ingin diraih. Banyak perangkat audio dari mulai entry level, mainstream, high-end hingga kelas teratas atau flagship dengan pilihan berbagai merek beredar di pasaran. Untuk sedikit menghemat, ada opsi perangkat audio dengan kondisi second yang banyak dijual di marketplace atau pasar barang bekas, dan ini bisa menjadi jalan alternatif untuk memulai menikmati musik dengan kualitas baik dari rilisan berbentuk fisik.

Di tengah gempuran teknologi canggih yang memberikan segala kemudahan dalam hal mendengarkan musik, format rilisan fisik dalam bentuk Kaset Pita, CD dan Piringan Hitam/Vinyl hadir membawa tawaran dengan nilai berlebih untuk menikmati musik dengan cara lain. Terlebih lagi, membeli atau memiliki rilisan fisik akan menambah nilai apresiasi yang lebih nyata terhadap karya musik yang datang dari para musisi/band. Pengalaman menikmati musik dari seperangkat audio yang ‘proper’ dilengkapi perangkat pemutar rilisan fisik seperti Tape Deck, CD Player ataupun Turntable yang menghasilkan detil suara dengan kualitas yang maksimal dirasa memiliki kepuasan serta nilai berlebih dalam menikmati musik.

BACA JUGA - Musik Budaya, Budaya Musik, Bermusik Berbudaya

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner