Tentang Diss-Track, Branding, dan Scene Hip Hop Menurut Asep Balon

Tentang Diss-Track, Branding, dan Scene Hip Hop Menurut Asep Balon

Seorang rapper bernama Dizo mengatakan jika Asep Balon tidak lebih hanya sekedar badut dengan topengnya. Hal tersebut kemudian berbuntut balasan dari Asep lewat lagu diss-track berjudul “Pennywise”.

Bicara tentang citra, banyak diantara musisi yang membuat alter ego atau lazim disebut sebagai personal branding, sebagai bagian dari citra yang dia buat. Dari mulai Marshall Bruce Mathers yang lebih orang kenal dengan nama Eminem, yang kemudian membuat alter ego bernama Slim Shady, hingga Brian Hugh Warner, yang orang tahu sebagai seorang musisi bernama Marilyn Manson. Hal tersebut menjadi lumrah sebagai bagian dari cara musisi menguatkan citranya. Pun dengan apa yang diamini oleh seorang rapper asal Majalaya bernama Asep Balon.

Ditemui disela-sela syuting DCDC Musikkita, Asep yang kerap ditanya alasannya memakai topeng menjelaskan jika hal tersebut dilatari dari sebuah kutipan yang berbunyi “berilah seseorang topeng, maka dia akan menunjukan ‘wajah’ yang sesungguhnya”. Kutipan tersebut diyakini olehnya sebagai sebuah trigger untuk muncul ke permukaan, namun tidak sebagai ‘dirinya’, melainkan karakter yang dia buat bernama Asep Balon. “Jadi saya suka ngerasa lebih bisa menjadi diri saya sendiri pas pake topeng. Ya kaya kutipan tadi bilang, pas jadi Asep Balon tuh saya bisa bebas berekspresi jadi gimana aja, tanpa takut penilaian orang akan seperti apa”, ujarnya menjelaskan.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner