Memaknai Perbedaan Arah, Phoneme Rilis Single Baru “Sahya”

Memaknai Perbedaan Arah, Phoneme Rilis Single Baru “Sahya”

Sumber foto : Diambil dari rilisan pers Phoneme

Dibuat sebelum masa pandemi, Single Sahya mengajak para pendengar Phoneme untuk bersemedi, memaknai arti sesungguhnya dari arah atau tujuan setiap manusia yang beragam.

Phoneme merupakan band bergenre folk asal Kota Malang yang Beranggotskan 5 Orang, yaitu Jendra (Pianist), Ramy (female vocal), Nasrul (male vocal), Lion (Rythm Guitar), dan Rozzy (Lead Guitar). Dibentuk pada tahun 2017, Phoneme hadir membawa musik dan lirik dengan nuansa budaya Jawa.

Pada tahun 2018 lalu, Phoneme merilis single pertama mereka berjudul “Amerta” yang memiliki makna keabadian. Lalu pada awal 2019, Phoneme lanjut merilis mini album “Melaya” yang berisi tiga lagu. Setelah berhasil dengan single “Amerta” dan menelurkan EP Melaya yang mengajak para pendengarnya menjelajah bersama, kelompok musik folk etnis asal Malang Phoneme merilis single baru bertajuk “Sahya”. Dibuat sebelum masa pandemi, Single “Sahya” mengajak para pendengar Phoneme untuk bersemedi, memaknai arti sesungguhnya dari arah atau tujuan setiap manusia yang beragam.

Menurut rilisan pers yang DCDC terima Sahya diambil dari Bahasa sansekerta yang memiliki arti “mampu bertahan”. Hal tersebut jika dihubungkan dengan lagu ini artiannya menjadi sebuah ajakan untuk bertahan dengan pilihan diri sendiri. Dengan lirik sederhana, Phoneme juga menceritakan bagaimana kita semua seringkali tak bisa menentukan tujuan.

“Single “Sahya” inipun menekankan kepada pendengar agar kita mengejar apa yang sedang kita tuju, dan menggali kemampuan hingga ke permukaan agar semua yang kita tuju bisa digapai dengan baik”, ujar Nasrul, vokalis pria di band Phoneme. Tak meninggalkan karakteristik lirik berbahasa Jawa selalu sebagai ciri khas Phoneme, dalam single ini pun mereka tetap menyisipkan alunan sinden penuh makna dalam balutan olah kreasinya.

Dengan segala keterbatasan bertatap muka secara langsung pada masa pandemi ini, workshop “Sahya” pun diselesaikan Phoneme melalui beberapa pertemuan secara virtual. Dan hal tersebut menjadi pengalaman tersendiri bagi para personel Phoneme.

“Sahya sendiri merupakan satu dari beberapa materi yang akan dirilis dalam waktu dekat, sebelum semuanya dikumpulkan menjadi sebuah album,  semoga saja bisa rilis tahun depan”, tambah sang gitaris Lion

BACA JUGA - “Spring Blossom”, Singel Teranyar SRTN yang Menyuarakan Pencegahan Bunuh Diri

View Comments (1)

Comments (1)

  • gwenijen22
    gwenijen22
    3 weeks ago
    Gue udh denger sih lagu amerta, merinding gileeee... Sukses terus buat musisi lokal negeri
You must be logged in to comment.
Load More

spinner