Harlan Boer, Sosok Minimalis Dengan Karakter Penulisan Lirik yang Unik

Harlan Boer, Sosok Minimalis Dengan Karakter Penulisan Lirik yang Unik

Setiap lagu yang dibuat Bin (sapaan Harlan boer) selalu mendatangkan kecurigaan dari hal sederhana yang dia nyanyikan, namun dengan padanan kata yang mengarah pada sesuatu yang tidak sederhana.

Setiap lagu yang dibuat Bin (sapaan Harlan boer) selalu mendatangkan kecurigaan. Kecurigaan seperti dalam lirik lagunya yang berbunyi “sudahkah kamu minum obat”, yang rasanya tidak mungkin jika lagu itu memang bercerita tentang “minum obat” dalam artian sebenarnya. Memancing kecurigaan dari hal sederhana yang dia nyanyikan, namun dengan padanan kata yang mengarah pada sesuatu yang tidak sederhana.

Bagaimana mungkin lirik seperti “gadis bertangan satu genggamlah jariku” ini bisa diartikan dengan sederhana. Ketika sebutlah seorang yang “normal’ menggantungkan hidup pada seorang yang “cacat”, yang hanya mempunyai satu tangan. Menjadikan ini sebuah kesempurnaan dari apa yang terlihat tidak sempurna, dan ketidak sempurnaan dari apa yang terlihat sempurna. Sampai akhirnya berujung pada kerapuhan, yang diucapkan oleh Harlan pada gadis bertangan satu, yang justru kepada si gadis itulah dia bergantung, dengan penegasan lirik “genggamlah jariku, dan sentuhlah hidupku”.

Atau ketika dalam lagu lainnya Harlan menuliskan lirik yang berbunyi “ketika aku kecewa memandang indahnya bunga, memaksa aku gelisah bertanya”. Seperti ada kontradiksi dari bunga yang indah dan rasa kecewa, yang akhirnya dia pertanyakan dengan kegelisahannya bernyanyi di lagu “Ketika La La La”.

Menyimak permainan kata dalam setiap lagu Harlan Boer selalu berada dalam kekaguman dari cara dia bercerita. Ada hal yang dia tulis dengan lirik sederhana, namun justru mempunyai makna yang tidak sederhana, dan sebaliknya, ada hal yang dia tulis dengan permainan kata yang rumit, namun justru berartian sederhana. Seringkali Harlan memutar balikan logika, yang dengan caranya dia menulis sebuah lirik lagu, bisa dibuat menjadi enak dinyanyikan, dengan pelafalan yang ringan, seperti misalnya “Aku Cinta J.A.K.A.R.T.A

Lebih jauh tentang musik dan banyak hal menarik lainnya dari Harlan Boer akan banyak diulas di program DCDC MusikKita, yang bisa disaksikan pada hari Sabtu, 1 Juni 2019 di GTV, pukul 23.00. Menariknya lagi, Harlan Boer juga akan tampil bersama Agnimaya, yang datang dari wadah DCDC Shout Out.

BACA JUGA - Morscode : Kisah 11 Tahun Bermusik & Cerita Unik Dibalik Lagu-Lagunya

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner