DCDC ShoutOut! Day - Kualitas Band Bandung Memang Sudah Tidak Perlu Dipertanyakan

DCDC ShoutOut! Day - Kualitas Band Bandung Memang Sudah Tidak Perlu Dipertanyakan

Usai Imaginary, DCDC ShoutOut! Day Bandung kembali dihentikan sejenak untuk melaksanakan ibadah salat magrib. Di sela-sela magrib dan isya, kepala suku dari DCDC ShoutOut! yaitu Addy Gembel bersama Toteng mengisi sesi sharing untuk teman-teman musisi di Bandung.

Sempat curi dengar, Addy Gembel dan Toteng kebingungan perihal apa yang perlu dibahas di DCDC ShoutOut! Day Bandung. Alasannya adalah semua band yang sudah mereka saksikan sudah tidak perlu lagi dipertanyakan soal kualitas. Mereka semacam "kehabisan kata" karena mau tidak mau perlu diakui bahwa band-band Bandung memang sudah selangkah lebih maju, sehingga tak salah jika Bandung disebut sebagai barometer musik Indonesia. Hal itu juga akhirnya yang mereka utarakan, membuka sesi sharing. Akhirnya, sesi ini diisi dengan berbagi pengalaman dan tanya jawab soal bagaimana membangun sebuah band yang solid, juga dengan materi-materi yang tetap bisa dipertahankan secara kualitas.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by DCDC SHOUTOUT (@dcdcshoutout) on

Vokalis dari Down To Earth sendiri lebih spesifik menanyakan soal bagaimana membuat lirik yang berkualitas, mengingat Addy Gembel sebagai vokalis dari band Forgotten dikenal sebagai pembuat lirik yang kredibel. Addy Gembel kemudian menjawab bahwa studi literasi maupun lapangan adalah hal yang dirasa perlu untuk membuat sebuah lirik yang berkualitas. Berbagai buku, kamus hingga diskusi menjadi bagian pembangun lirik, membuat sang penulis lirik bisa lebih kaya kosakata, lebih jujur dalam merangkai kalimat serta tidak serta merta terbawa tren yang ada di pasaran.

Kemudian, hadir juga pertanyaan soal bagaimana cara mempertahankan sebuah band agar bisa berumur panjang dan bagaimana pola promosi atau distribusi yang baik. Toteng turut menjawab bahwa kunci utama untuk mempertahankan sebuah band adalah komunikasi. Baik maupun buruk, semua harus bisa dipaparkan secara terbuka demi mengevaluasi satu sama lain dan mengarah pada sesuatu yang lebih baik. Soal promosi dan distribusi, mereka juga menyoroti fenomena hari ini, di mana era digital sudah mempermudah segalanya. Media juga sudah sangat membuka diri untuk menerima materi-materi dari setiap band. Untuk itu, pemanfaatan teknologi adalah hal yang penting, tentu didukung dengan perumusan materi yang lengkap.

Sesi sharing usai dan acara dilanjutkan setelah jeda salat isya. Di sesi terakhir ini, tiga band yang akan tampil di panggung DCDC ShoutOut! Day Bandung adalah Captivate, Down To Earth dan Octopus.

View Comments (0)

Comments (0)

You must be logged in to comment.
Load More

spinner